Kamis, 26 Maret 2015

Review film Miracle in cell no 7





Review film Miracle in call no 7


cerita difilm ini sangat lah menarik dari segi cerita film ini, Di tahun 1997, Ye Sung (Kai So Won) hidup dengan ayahnya bernama Lee Yong-Goo (Ryoo Seung-Ryong). Ayahnya menderita keterbelakangan mental. Setiap hari mereka menatap sebuah toko yang memajang sebuah Tas Sailor Moon. Ye Sung sangat menginginkan tas itu. Hingga suatu hari, Tas tersebut di beli oleh anak dari Komisaris Polisi. Suatu hari saat bekerja, anak yang membeli tas tersebut pun memberi tahu tempat yang menjual Tas Sailor Moon yang persis sama dengannya. Tetapi di perjalanan, anak tersebut mengalami kecelakaan yang membuat anak tersebut meregangkan nyawanya.

Yong-Goo pun dituduh melakukan pembunuhan dan pemerkosaan terhadap anak tersebut. Dia pun masuk penjara. Disana dia bertemu dengan banyak orang baru. Para narapidana di sana membantu Yong-Goo untuk bertemu dengan anaknya. Setelah beberapa tahun, Ye Sung dewasa (Park Shin-Hye) membantu menyelesaikan kasus milik ayahnya ini. 

Bentuk komunikasi :
1.      Model S – R
Adegan ini menceritakan ayahnya  ingin pergi bekerja merekan melakukan gerakan tangan/ tos dan setelah itu ketika ayahnya keluar bebelangkah dari rumah ayahnya melambaikan tangan kepada ye sung dan iapun melambaikan tangannnya mengatakan dada kepada ayahnya. Komunikasi verbal/nonverbal

2.      Model shannon dan Weaver
Adegan ini menceritakan ayahye sung ingin membeli tas Sailoor moon untuk ye sung, ketika itu juga tas itu dibeli oleh orang lain, saat iru juga terjadi perebutan hingga terjadilah cekcok dan pemukulan terhadap ayahnya ye sung. Dan ada juga di adegan setelah ayahnya ye sung masuk penjara yang saat itu disatukan dengan narapidana lainnya, ketika masuk ia ditanya oleh penghuni lapas lainnya, dia masuk penjara karena apa? Ia menjawab memperkosa ank dibawa umur, disni lah terjadinya cekcok dan disilah terjadinya adegan pemukulan. Dan juga diadegan dimana teman sekamar ayah ye sung menelpon istrinya yang sedang hamil, selah ditelpon sinyal hp hilang sehingga terputus, pada saat itu istrinya jg menelpon ke no yang dipakai suaminnya yang membrtitahukan bahwa anaknnya sudah lahir. Adegan ini termasuk komunikasi verbal.

3.      Model schramm
Dimana diadegan ini saat ye sung mengirim surat kepada ayahnnya yang disedang dipenjara agar selalu makan agar sehat dan mengabari ye sung, dan ayahnnya juga meinta kepada guru yesung untuk merawat ye sung melallui surat. Ini juga termasuk komunikasi verbal


4.      Model  Newcomb
Menceritakan dimana ketua lapas menyuruh pegawai lapas agar mendatangkan pengecara untuk ayah ye sung agar diberi arahan ketika menghadapi sidang. Dan diadegan dimana bos dalam lapas ayah ye sung menyuruh yang dianggap bawahannya untuk membawa yesung kedalam lapas secara diam-diam, agar ayah yesung tidak memikirkan yesung dan juga memberi kesmpatan kepada ayah ye  sung bertemu anaknya karena ayah yesung diponis mati oleh peradilan tanpa sepengetahuan ayah ye sung.

5.      Model Westley dan Maclean
Diadegan ini terjadi keributan antara teman ayah ye sung di lapas dengan lapas lainnya shingga dipisahkan oleh pegawai lapas. Dan terjadi juga diadekan peradilan dimana ye sung yang sudah dewasa membela kebenaran yang terjadi sesunggunya berdebat dengan pengecara lainnya yang keberatan atas pembicaraan yesung, segingga terjadi cekcok dan pemmpin sidang menjadi penengah ats pembicaraan tersebut.

6.      Model gerbner
Memerankan adegan tentang kejadian yang dilakukan ayah ye sung yang dianggap kepolisian melakukan pemerkosan dan membunuh terhadap anak dibawa umur, disitulah terjadi reka ulang.

7.      Model Lasswel
Diadegan ini menceritakan dimana seorang reportes tv membacakan berita ke publik tentang kejadian yang dilakukkan ayah yesung membunuh dan memperkosa anak dibawa umur. Dan juga membacakan berita mengenai hukuman mati yang diberikan kepada ayah ye sung  melalui tv, radio, dan media cetak lainnya.

Itulah review model-model komunikasi yang terdapat di film Miracle in cell no 7.

Mohon kritik dan sarannya.

1 komentar: